Anak Usaha Pelindo II Tawarkan Kemudahan Bisnis ke Pengusaha Kawasan Berikat

PT EDI Indonesia (EDII), anak usaha Pelindo II, mengundang puluhan pelaku bisnis atau pengusaha kawasan berikat dan perusahaan dengan fasilitas Kemudahan Impor untuk Tujuan Ekspor (KITE), Gudang Berikat (GB) dan Pusat Logistik Berikat (PLB).

Pertemuan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan layanan IT Inventory Generasi 2 (Invent 2) yang telah berhasil dikembangkan EDII dan mendukung percepatan implementasi IT Inventory bagi pegusaha.

Salah satu terobosan Invent 2 adalah sistem pelaporan IT Inventory sudah menjadi sub-system dari Enterprise Resource Planning (ERP) perusahaan.

Menurut Advisary Board EDII, Oktovan Rezman, aplikasi invent2 bertujuan untuk memudahkan dalam menghasilkan laporan secara real time dan akurat.

“Aplikasi Invent2 juga dilengkapi struktur database yang terpusat sehingga memungkinkan administrasi dan keamanan yang lebih baik sehingga risiko kehilangan data yang penting dapat dicegah,” terangnya.

Selain itu, dengan sub-system ERP pekerjaan menjadi lebih terstruktur sehingga tidak tergantung pada individu atau pekerja tertentu saja.

“Sistem ERP bagi sebuah perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas karena dapat mengelola dan mengintegrasi berbagai aktivitas operasional dalam proses atau kegiatan bisnis yang menjadi salah satu syarat untuk memenuhi ketentuan dalam peraturan Menteri Keuangan dan Peraturan Direktur Jendral Bea dan Cukai mengenai Fasilitas Gudang Berikat, KITE dan PLB,” tambah Oktovan.

Turut hadir, Kepala Seksi Evaluasi dan Harmonisasi Kebijakan Tempat Penimbunan Sementara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Budi Kristanto.

Dia memberikan pemaparan tentang peraturan IT Inventory KITE dan dukungan pemerintah untuk kemudahan bisnis kawasan berikat.

Invent2 yang dikembangkan EDII ini diharapkan mampu mempermudah dan menjadi solusi bagi para pelaku bisnis yang mendapatkan fasilitas KITE, GB, dan PLB dalam mengintegrasikan kewajiban pelaporan kepada pemerintah dengan sistem internalnya.

Share:

Recent Posts