Hari Pertama PSBB Ketat di DKI, Wagub Ariza Bicara soal Kapasitas Kantor


Jakarta - Hari ini adalah hari pertama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat di DKI Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) berbicara soal aturan kapasitas kantor 25 persen dan bekerja dari rumah atau work from home 75 persen.

"Ya memang kalau hari Senin itu kan terlihat awal, semua perkantoran terlihat lebih banyak, tapi bukan berarti dia melanggar PSBB, melanggar ketentuan kapasitas, melanggar jam operasional kantor," ucap Ariza kepada wartawan di Bali Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (11/1/2020).

A Riza menyebut Pemprov DKI Jakarta serius melaksanakan PSBB ketat. Tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan bergerak untuk menegakkan aturan, bersama dengan TNI dan Polri.

"Kan teman-teman bisa lihat, kami telah menyiapkan berbagai operasi, Satpol PP, Dinkes, Perhubungan, dibantu oleh Polda Metro Jaya, Kodam Jaya untuk selalu melakukan pemantauan, pengawasan, dan penindakan," kata Ariza.

Dia juga meminta warga aktif melapor apabila terjadi pelanggaran protokol kesehatan di lingkungannya. Sebab, aparat tidak bisa menjangkau semua lokasi.

"Bahkan kami minta seluruh warga atau warga mana saja yang melihat di wilayah DKI Jakarta yang melanggar peraturan umpamanya perkantoran melebihi 25 persen, atau di tempat lain yang memang dibatasi, laporkan cukup dengan foto, video, kami akan tindak," katanya.

Pemprov DKI Jakarta pun meminta dukungan kepada pelaku usaha untuk mengikuti aturan yang telah diterapkan di masa PSBB ketat. Pelaku usaha diminta tidak mendahului kepentingan ekonomi daripada protokol kesehatan (prokes).

"Kami butuh dukungan dari pelaku usaha perkantoran untuk disiplin kalau ingin ekonominya mau usahanya maju, pastikan kesehatan menjadi prioritas utama. Sehingga segera selesai masalah COVID kita bisa melaksanakan usaha dengan lebih baik lagi dan cepat lagi, kalau kita mendahulukan masalah ekonomi kemudian meninggalkan prokes, maka tidak akan selesai masalah ekonominya dan juga tidak akan selesai masalah kesehatan," katanya.


Sumber : https://news.detik.com/berita/d-5329883/hari-pertama-psbb-ketat-di-dki-wagub-ariza-bicara-soal-kapasitas-kantor?_ga=2.62455914.73668431.1610421981-49396413.1610421981

Share:

Recent Posts